Kamis, 26 Januari 2012

jacket kulit Domba

Jaket kulit adalah salah satu komoditas andalan dari pengrajin kulit di Kabupaten sidoarjo, terutama dengan bahan jaket yang menggunakan kulit domba, hal ini seiring dengan komoditas domba porong yang menjadi icon kembanggaan daerah sidoarjo. Adapun di kalangan tertentu khususnya di lingkungan bisnis fashion terkenal dengan sebutan “Jaket Kulit domba porong"
Faktor pendukung terwujudnya sentra industri jaket kulit ini diantaranya adalah ketersediaan bahan baku. Sumber bahan baku di Kabupaten sidoarjo cukup melimpah dengan lokasi yang strategis, berdekatan bahkan menyatu dalam lingkungan sentra industri kecil penyamakan kulit.
Selain itu letak geografis Kabupaten sidoarjo yang dekat dengan kota surabaya sebagai pusat perdagangan pakaian jadi dan Jakarta sebagai pusat perdagangan nasional, memungkinkan pelaku bisnis untuk terus serius meningkatkan produksi jaket kulit karena mudah dipasarkan.
Saat ini di sektor industri pakaian jadi dari kulit di Kabupaten sidoarjo tergabung 342 unit usaha, dengan menyerap kurang lebih 2.132 tenaga kerja. Dalam proses pendataan Dinas Perindag dan Penanaman Modal Kabupaten sidoarjo pernah tercatat jumlah produksi per tahun Jaket Kulit Mulus adalah sebesar 38.700 potong dan Jaket Kulit Sambung sebanyak 193.500 potong. Adanya permintaan terhadap jaket kulit yang terus meningkat dari daerah di luar Kabupaten sidoarjo (pasaran lokal maupun nasional) seperti dari surabaya, Jakarta atau beberapa kota di Jawa Tengah, Jawabarat, Bali maupun Sumatera telah mendorong pengrajin jaket kulit di Kabupaten sidoarjo  tumbuh dan berkembang lebih cepat dibandingkan pengrajin kulit di daerah-daerah lainnya.
Selain memenuhi permintaan konsumen lokal dan nasional, Jaket Kulit porong juga sudah merambah ke pasar internasional, seperti Singapura, Malaysia, Taiwan, Jepang, dll. Data terakhir, jaket kulit porong di-ekspor ke Singapura, Malaysia, Taiwan dan Australia dengan volume mencapai 5.100 potong senilai US$258.651,0.




Alamat: Ds.wunut Dsn. kesamben RT 15 RW 03 PORONG-SIDOARJO

2 komentar: